Hidup adalah Berjuang

Hidup adalah sebuah perjuangan, maka berjuanglah,. Hidup adalah misteri, maka ungkapkanlah. Hidup adalah ujian maka bertahanlah. Hidup adalah peran maka mainkanlah. Hidup adalah kebahagiaan, maka tunaikanlah. Hidup adalah pengabdian, maka mengabdilah kepadaNya.

Merantau dalam keterasingan, melangkah pada kasarnya cadas bumi, mengambil dalam kebusukan sampah sisa kehidupan, mengais cinta dalam kesunyian, Cuma mengharap satu harapan, semua yang dilakukan adalah halal dihadapan Allah.

Film dokumenter yang sangat menggugah keberadaanku. Seorang guru bahkan seorang kepala sekolah yang juga berprofesi seorang pemulung, membuatku semakin mencintai pekerjaanku sebagai seoarang guru. Kalau dulu, guru adalah pahlawan tanpa jasa dan sekarang mengalami pergeseran iklim menjadi guru adalah pahlawan dengan balas jasa, tapi akhirnya dengan film itu aku memilih menyebut guru sebagai guru dengan huruf  awal G yang besar (ungkapan tepat ketika membaca sebuah email dari teman)

Ia mampu menjadi guru dilingkungan sekolahnya, ia mampu menjadi guru dalam lingkungan keluarganya bahkan ia mampu menjadi guru dalam menjalani kehidupan ini. Ia kais rezeki Allah disore hari sepulang jadi ’guru sekolah’ menjadi ’guru’ dalam mengais barang-barang bekas ditumpukan sampah. Fenomena yang tidak bisa kita pungkiri, realita yang harus kita hadapi. Kapan guru kita mengulang dan mereview kemampuan siswanya, kapan ia membuat program sekolah yang ber’mutu’, kapan ia............? Kalau saat sekarang, banyak tuntutan orang tua murid ingin guru hanya mntransfer ilmu, menjadikan anak-anak mereka cerdas, pintar dan bisa berbakti pada bangsa dan negara ini.

Postingan Populer