11 Ciri Hamba yang Rela Kepada Allah

1. Tidak memaksa sebelum keputusan Allah datang, dan menyerahkan urusannya sepenuhnya kepada Allah Rata Penuhswt. Hal itu dia lakukan dengan shalat istikharah, sebagaimana dikatakan Jabir bin Abdillah ra, “Rasulullah saw mengajarkan kami beristikharah dalam semua urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami surat-surat dari Al-Qur’an.”

2. Tidak merasakan kegetiran setelah keputusan Allah datang . Hal itu dia lakukan dengan memuji Allah dan bersyukur kepadaNYA atas apa yang telah ditetapkan atas dirinya.

3. Tidak memperlihatkan kekesalan dan kekecewaan di wajahnya dan di dalam perilakunya, yang mengindikasikan penolakan terhadap ketentuan dan takdir Allah swt yang telah terjadi.

4. Ketika kesulitan sedang menimpanya, cinta di hatinya kepada Allah tidak pernah terlihat berkurang. Ibadah-ibadah dan amal kebaikannya tetap dia lakukan secara maksimal, bahkan lebih giat dan bersemangat.

5. Meninggalkan prasangka buruk kepada orang lain. Menyalahkan atau menuduh. Melainkan selalu mengembalikan kepada takdir Allah swt, meskipun kesulitan yang menimpanya terlihat cukup berat.

6. Tetap berusaha tersenyum dan menahan diri untuk berkata-kata yang tidak baik tentang takdir Allah swt, meskipun kesulitan yang menimpanya terlihat cukup berat.

7. Perbuatan dan perilakunya selalu mengarah kepada kebaikan. Ketika berbicara ada kebaikan. Ketika berbuat melahirkan manfaat. Serta jauh dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah swt. Allah menegaskan, “Dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah akan menambah petunjuk kepada mereka dan menganugerahi ketakwaan mereka.” (QS. Muhammad: 17).

8. Tidak mudah tertipu oleh kemewahan dunia, karena Allah memberikan penjagaanNYA kepadnya. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah benar-benar akan menjaga hambaNYA yang beriman dari dunia dan Dia mencintainya, sebagaimana kalian menjaga orang sakit kalian dengan memberinya makan dan minum karena kalian khawatir akan kondisinya.”

9. Hidupnya senantiasa dalam limpahan keberkahan. Dia tidak pernah menilai sedikit apa yang diterimanya, karena Allah swt selalu memberikan keberkahan dan kecukupan pada apa uang didapatnya, untuk kebutuhan-kebutuhan hidupnya.

10. Bersikap baik dan berakal mulia. Orang yang rela kepada Allah terlihat dari kelembutan hatinya, keluasan jiwanya, dan kelapangan dadanya. Selalu memudahkan orang lain, suka menolong, dan memiliki empati dan kepedulian yang tinggi pada orang lain.

11. Selalu yakin dengan janji Allah swt, dan dia merasa tenang dengan janji itu.

-Renungan buat diri sendiri [copas dari Tarbawi terbaru]-

Postingan Populer